PROMO HOTEL
0

Supaya Cepat Hamil Alami Ketahuilah Hal-hal Dasar Baik Ini

Published In: Cara Cepat Hamil Hits: 378 Rating:   0 reviews

Agar supaya cepat hamil alami, Anda harus mengetahui beberapa hal dasar, yakni: kenali masa subur, kontrol berat badan, pemeriksaan dan vaksinasi pra kehamilan, pertimbangan usia, kenali tanda kehamilan.

Kenali Masa Subur Supaya Cepat Hamil Alami

Kesuburan ditentukan oleh kesehatan sistem seksual dan reproduksi. Pada wanita, masa subur adalah masa hidup sel telur sejak dikeluarkan dari indung telur dan selama bertahan hidup di dalam rahim. Biasanya, sel telur dikeluarkan dari indung telur pada 14 hari sebelum menstruasi berikutnya. Setelah dikeluarkan, sel telur akan masuk ke dalam rahim melalui saluran telur. Di dalam rahim inilah sel telur mampu hidup selama 48 jam.

Pria tidak mengenal siklus masa subur seperti pada wanita. Selama pria mampu ejakulasi, maka pria dapat menghamili pasangannya yang dalam masa subur.

Cara Mengenal Masa Subur

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui kapan waktu subur tiba.

Menghitung Hari atau Sistem Kalender

Pada wanita yang memiliki siklus menstruasi yang teratur, maka masa subur berlangsung pada hari ke 14 minus atau plus 1 hari menstruasi berikutnya, artinya masa subur wanita terjadi pada hari ke 13 - 15 sebelum tanggal menstruasi berikutnya. Hari pertama menstruasi dihitung sebagai hari ke-1. Jadi, cara hitung masa subur wanita adalah dengan menjumlahkan hari terakhir menstruasi dengan 13 hari. Jadi misalkan hari terakhir menstruasi jatuh pada tanggal 2, maka masa subur jatuh pada tanggal 15.

Bagaimana menghitung masa subur jika siklus menstruasi tidak teratur? Pertama, yang sebaiknya Anda lakukan adalah menghitung panjang siklus selama 6 siklus berturut-turut hingga mendapatkan siklus terpanjang dan terpendek. Siklus terpanjang dikurangi dengan 11, sedangkan siklus terpendek dikurangi dengan 18, dan didapatkan masa suburnya. Misal siklus terpanjang adalah 30 dan siklus terpendek 26, perhitungannya adalah ( 30 - 11 = 21 ) dan (26 - 18 = 8 ), masa subur berlangsung dari hari ke-8 hingga hari ke-21.

Perubahan Lendir Leher Rahim

Saat siklus menstruasi berlangsung, maka lendir leher rahum akan mengalami peningkatan volume dan perubahan tekstur. Semakin banyak volume lendir yang dihasilkan mencerminkan adanya perubahan dalam tubuh yaitu meningkatnya kadar hormon estrogen. Seorang wanita dianggap mengalami masa paling subur jika lendirnya bersih, licin, dan elastis.

Rasa Tidak Nyaman Pada Perut Bagian Bawah

Rasa tidak nyaman pada perut bagian bawah bisa berlangsung beberapa menit hingga beberapa jam dan merupakan tanda positif dari masa subur.

Kenaikan Suhu Tubuh

Saat mengalami ovulasi, suhu tubuh biasanya meningkat sebesar 0,5 - 1,6 derajat Celsius. Untuk membuktikan, Anda bisa mendeteksinya dengan termometer basal. Suhu tubuh yang diukur adalah suhu tubuh pagi hari saat Anda masih berada dalam tempat tidur dan belum melakukan kegiatan apapun.

Termometer basal dapat digunakan secara oral, per vagina, atau melalui dubur dan ditempatkan pada lokasi serta waktu yang sama selama 5 menit.

Alat Test Ovulasi

Jika Anda memiliki siklus menstruasi yang teratur akan lebih mudah untuk menentukan masa subur, namun bila siklusnya terlalu panjang atau tidak teratur dibutuhkan ketelitian dalam melihat perubahan yang ada. Untuk itu digunakan alat test ovulasi untuk mengukur masa ovulasi bekerja dengan mendeteksi hormon pra-ovulasi yakni LG-Surge dalam tubuh.

USG

Melalui USG, kelenjar telur dapat diamati mulai dari perkembangan terjadinya sel telur sampai sel telur tersebut matang dan hendak keluar (ovulasi). Cara ini juga bisa digunakan oleh wanita yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur.

Kontrol Berat Badan Supaya Cepat Hamil Alami

Berdasarkan penelitian para ahli, 12% masalah ketidaksuburan disebabkan oleh masalah berat badan. Terlalu kurus atau terlalu gemuk sangat mempengaruhi kesuburan bagi wanita. Terlalu kurus bisa membuat siklus haid wanita tidak teratur. Sebab dibutuhkan 22% lemak tubuh untuk pembuahan dan kepentingan reproduksi lainnya. Sebaliknya telalu gemuk juka tidak berakibat baik bagi kesuburan karena keseimbangan hormon terganggu. Agar supaya cepat hamil alami, maka sangat penting untuk menjaga kestabilan berat tubuh.

Pemeriksaan dan Vaksinasi Pra Kehamilan Supaya Cepat Hamil Alami

Ada 4 penyakit yang sangat berpengaruh kepada kehamilan, yakni TORCH (Toxoplasma, penyakit Rubella, penyakit Cytomegalovirus, dan penyakit Herpes Simplex). Masing-masing penyakut mempunyai ciri dan akibat yang berbeda pada ibu dan janin.

Penyakit Toxoplasma adalah penyakit yang disebabkan parasit Toxoplasma Gondii. Penyakit ini sering menyebabkan keguguran dan kelainan bawaan pada wanita. Toxoplasma Gondii terjadi bila sang ibu terkontiminasi tinja kucing, kambing, atau sapi yang telah menderita Toxoplasma, atau akibat mengkonsumsi sayuran mentah yang terkena tinja binatang tersebut. Bila infeksi, maka mudah terjadi keguguran, kelainan bawaan, bayi lahir prematur.

Cytomegalovirus adalah virus sejenis herpes yang menular kepada ibu hamil berhubungan dekat dengan seorang penderita virus ini melalui ludah, air susu ibu, hubungan seksual, dan transfusi darah. Dampak dari penyakit ini adalah lahir prematur, kerusakan otak janin, pembesaran hati, limpa, tidak berkembangnya mental bayi serta gangguan. Bila Anda positif terjangkit TORCH, maka tundalah kehamilan.

Pertimbangan Usia Wanita Supaya Cepat Hamil

Wanita yang berusia 20 - 35 tahun akan lebih cepat hamil dibandingkan dengan wanita yang berusia diatas 35 tahun keatas, dan kesuburan wanita akan makin memburuk pada usia diatas 40 tahun.

Wanita yang hamil dan melahirkan pada usia diatas 35 tahun mempunyai resiko keguguran, cacat pada janin, dan meningkatkan resiko terkena kanker payudara, terutama pada wanita yang baru menjalani kehamilan pertama di usia 40 tahunan. Wanita yang baru melahirkan saat berusia 35 tahun. memiliki resiko 1,6 kali lebih tinggi daripada wanita yang melahirkan anak pertama di usia 26 atau 27 tahun. Selain karena menunda kehamilan, wanita yang mengalami menstruasi pada usia terlalu muda atau berhenti menstruasi di usia lanjut juga beresiko tinggi terkena kanker payudara.

Puncak kesuburan wanita supaya cepat hamil alami berada di rentang usia 20 - 29 tahun. Pada usia ini, wanita memiliki kesempatan 95% untuk hamil. Pada usia 30-an prosentasenya menurun hingga 90%. Sedangkan memasuki usia 40, kesempatan hamil berkurang hingga menjadi 40%. Setelah usia 40 tahun, wanita hanya punya maksimal 10% kesempatan untuk hamil.

Pertimbangan Usia Pria Supaya Istri Cepat Hamil

Pada pria, penurunan kesuburan juga terjadi seiring berjalannya usia. Hanya 8% pria usia sekitar 25 tahun yang gagal menghamili pasangannya. Sedangkan pada usia 35 tahun, jumlah pria yang gagal membuahi wanita meningkat hingga 15%. Menurut peneliti, selain karena faktor fisik, dorongan dan frekuensi untuk berhubungan seksual mulai berkurang sejalan dengan usia.

Mengenali Tanda Kehamilan

Tanda yang paling umum diawal kehamilan adalah mundurnya menstruasi pada wanita. Pengetahuan tentang tanda-tanda kehamilan mutlak dibutuhkan wanita, terutama bagi mereka yang sudah berkeluarga yang secara otomatis menjadi calon ibu. Untuk mengetahui lebih lanjut perihal tanda-tanda kehamilan, bisa baca artikel Tanda-tanda Kehamilan

KEMBALI KE INDEKS CARA CEPAT HAMIL

Tags:

Leave A Comment

Nama Anda:
Alamat Email:
Rating:  1   2   3   4   5 
Comment
Captcha
© 2007 - 2019 Bebekidsworld