PROMO HOTEL
6

Sunat Pada Bayi Laki-laki dan Perempuan Serta Cara Merawat Luka Sunat

Published In: Kesehatan Hits: 9081 Rating:   6 reviews

Tujuan artikel ini memberikan informasi tentang Sunat Pada Bayi Laki-laki dan Perempuan Serta Cara Merawat Luka Sunat‚Äč.

Secara medis, tidak ada patokan tentang usia yang paling tepat untuk sunat. Apabila masih terlalu kecil, tentu penis juga kecil sehingga sunat akan lebih sulit untuk dilakukan. Usia sunat dapat disesuaikan sendiri oleh kehendak orangtua atau anaknya sendiri.

 

Pada Bayi Laki-laki

Jika Anda mempunyai anak laki-laki dan belum disunat, perhatikan gambar dibawah ini. Apabila penis anak seperti gambar di sebelah kanan yakni kulup penis tertutup rapat dan tidak bisa ditarik (fimosis), maka sunat adalah solusi mutlak. Namun, jika memang penis anak seperti gambar di sebelah kiri dan terlihat normal, sunat juga tidak ada salahnya karena bermanfaat untuk mengurangi infeksi saluran kemih dan infeksi menular lainnya pada anak laki-laki.

Sunat Pada Bayi Laki-laki


Pada Bayi Perempuan

Sunat pada perempuan dilandasi oleh kepercayaan dan kebiasaan, tidak ada indikasi medis untuk sunat pada perempuan. Dan bila ingin dilakukan sunat pada bayi perempuan, pastikan dilakukan oleh tenaga kesehatan yang terlatih dan dilakukan secara steril.

Di Indonesia, sunat perempuan dilakukan dengan cara mengores kulit yang menutupi bagian depan klitoris dengan menggunakan jarum steril tanpa melukainya. Dan peraturan menteri kesehatan RI soal sunat perempuan telah dicabut. Saat ini, pihak kementerian kerap melakukan edukasi dan sosialisasi kepada tenaga medis bahwa sunat perempuan tidak ada manfaatnya. Apabila ada tenaga medis yang tetap melakukan sunat perempuan, tidak ada sanksi yang akan diberikan karena tidak ada aturannya.


Cara Merawat Luka Sunat

Saat ini masih belum umum jika anak laki-laki yang baru lahir disunat ketika ia masih bayi. Namun, dalam kondisi dimana bayi laki-laki Anda wajib disunat karena fimosis, maka simak cara merawat luka sunat berikut.

Sunat modern biasa menggunakan benang yang sudah tidak perlu dilepas karena akan menyatu dengan kulit, dan akan memudahkan perawatan luka setelah sunat. Tinggal, yang perlu Anda cermati adalah agar luka setelah sunat tersebut tidak infeksi dan cepat sembuh, dan dapat dilakukan perawatan berikut ini:

  • Jaga agar luka sunat tetap kering. Apabila bayi atau anak pipis, basuhlah penis dengan air hangat, kemudian keringkan dengan kain kering bersih, setelahnya pakaikan popok atau celana yang kering, bersih, dan agak longgar (agar terhindari dari gesekan dan iritasi serta memberikan ventilasi cukup sehingga luka cepat kering).
  • Kain kasa yang menutupi luka sunat harus diganti minimal sebanyak tiga kali sehari, yaitu setelah mandi pagi, sore, dan ketika mau tidur. Bila kain kasa penutup luka basah, segeralah ganti dengan yang baru dan kering.

 

Comments

Puput Naila, 2017-01-25  | Rating:
toko online favoritku, makin mantab dan bermanfaat sekali...terima kasih bebekidsworld.com
Mairawati Watsiqah, 2017-01-11  | Rating:
aku terharu lho, toko online kesayangan ku sejak 2009, kini pun hadirkan banyak artikel yang sangat bermanfaat. itu pertanda kalian menyayangi pelanggan setia mu, maka percayalah segala sesuatu yang dibangun dari kasih Insya Allah akan membawa berkah,...teruskan kerja baik kalian, dan semoga sukses.
Zahra Alesha, 2016-12-01  | Rating:
hai hai hai, artikelnya sungguh bagus yah, makin betah deh aku berkunjung ke bebekidsworld.com..., selain jadi pelanggan setia, aku juga senantiasa berkunjung kesini hanya sekedar untuk membaca-baca...,terima kasih sudah menjadi toko online yang sangat inspiratif untuk aku dan bukan hanya cuma dicari saat belanja tapi juga untuk menambah wawasan. luv u always...
Najma, 2016-10-04  | Rating:
artikel yang bagus, singkat, padat, berisi, terima kasih bebekidsworld.com ...
Abidah, 2016-08-12  | Rating:
makasih sis, sangat bermanfaat artikelnya ...
Alifah, 2016-06-07  | Rating:
kini aku makin sayang dan sering kunjung bebekidsworld.com .... trims pada Bunda dan Ayahanda yang bekerja di bebekidsworld.com buat artikel yang sangat bermanfaat dan berguna bagi orangtua ...

Leave A Comment

Nama Anda:
Alamat Email:
Rating:  1   2   3   4   5 
Comment
Captcha
© 2007 - 2019 Bebekidsworld