Tips Mencegah Bayi Menggigit Puting Saat Menyusu

Tips Mencegah Bayi Menggigit Puting Saat Menyusu

0 comments

Tiap ibu menyusui pasti memiliki tantangan tersendiri dalam setiap tahapan menyusui. Tidak sedikit ibu menyusui yang putingnya pernah lecet atau cedera akibat digigit oleh si Kecil.

Hal ini biasanya terjadi saat si Kecil mulai tumbuh gigi. Gusinya merasa gatal, ngilu atau nyeri dan mengigit adalah cara untuk mengurangi ketidaknyamanan itu. Rasa perih pada puting yang disebabkan gigitan si Kecil pun dapat membuat ibu trauma untuk menyusui. Jangan sampai Anda merasakannya karena kebiasaan mengigit pada bayi ini dapat diatasi. Memberikan pemahaman pada bayi untuk tidak menggigit puting saat menyusu dengan cara tepat bisa meningkatkan hubungan emosional antara ibu menyusui dan bayi.

Tips Mencegah Bayi Menggigit Puting Saat Menyusu

Berikut ini adalah beberapa tips mencegah puting ibu menyusui tergigit oleh bayi yang disusui.

  • Pastikan posisi menyusui yang benar, Pastikan perlekatan yang baik saat si Kecil menyusu. Usahakan mulut bayi benar-benar terbuka lebar, lalu segera masukkan aerola ke dalam mulutnya.
  • Susui ketika si Kecil mau dan benar-benar lapar, Jangan paksa si Kecil untuk menyusu karena biasanya dia akan mengigit puting Anda sebagai bentuk keterpaksaannya atau menganggap puting sebagai mainannya.
  • Berikan perhatian penuh pada si Kecil, Lakukan kontak mata dengan si kecil saat Anda menyusuinya. Selain itu, Anda bisa membacakan dongeng saat dia menyusu.
  • Pilih tempat yang nyaman dan tenang untuk menyusui, Tempat yang tenang dan nyaman untuk menyusui membuat si Kecil konsentrasi untuk menyusu tanpa mengigit puting. Sebaliknya, tempat yang ramai akan membuat si Kecil menoleh ke sumber suara tanpa melepaskan puting.
  • Akhiri menyusui dengan lembut, Si Kecil biasanya akan mengigit di saat akhir menyusu. Karena itu, tarik perlahan puting Anda saat sedotan si Kecil melemah pertanda dia akan selesai menyusu.
  • Memberikan benda untuk digigit, Berikan wortel dingin atau pisang beku yang sudah dikupas untuk digigit jika si Kecil menunjukkan kebiasaan mengigit.

Jika si Kecil sudah sering mengigit maka lakukan beberapa tips di bawah ini :

  • Berikan respon tidak suka pada si Kecil, Saat si Kecil mengigit puting, bicaralah untuk melarangnya mengigit lagi, seperti menasehatinya dengan kalimat, “Jangan gigit lagi ya, Sayang”. Bicaralah terus ketika dia mengigit lagi. Dia pun akan mengerti. Selain itu, Anda juga bisa menatap si Kecil dengan sorot mata tidak suka. Niscaya si Kecil pun juga akan mengerti.
  • Berikan pelukan dan ciuman, Ketika si Kecil mengigit, segera peluk, dekap erat, dan ciumi dia. Lakukan hal ini hingga dia melepaskan puting.
  • Pencet hidung, Memencet hidung beberapa detik saat si kecil mengigit puting bisa Anda coba lakukan.
  • Selipkan ujung jari kelingking, Segera selipkan ujung jari kelingking di samping mulut si Kecil hingga dia melepaskan puting.
  • Bersikap tetap tenang, Usahakan untuk tetap tenang, jangan berteriak saat puting Anda digigit oleh si Kecil. Suara teriakan Anda akan membuat dia terkejut dan justru akan menguatkan gigitannya lagi.

Itulah beberapa tips mencegah puting ibu menyusui tergigit bayi saat menyusu. Jika puting payudara ibu pernah tergigit, janganlah berputus asa. Usahakan untuk tetap menyusui bayi, karena pemberian asi eksklusif sangat penting bagi tumbuh kembang bayi.
 
Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

X
WeCreativez WhatsApp Support
Punya pertanyaan?
👋 Ada yang bisa kami bantu?